Umumkan Juara Lomba Baca Teks Proklamasi dan Diskusi Sejarah, PKS: Tumbuhkan Rasa Patriotisme Rakyat Indonesia

by Humas PKS Jakarta

Jakarta – Lomba Baca Teks Proklamasi Mirip Suara Soekarno tingkat Provinsi telah selesai dilaksanakan PKS DKI Jakarta, Ahad (15/8/2021), hal ini ditandai dengan diumumkannya pemenang Juara I, II dan III serta Juara Favorit I dan II yang langsung dibacakan Wakil Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta sekaligus Pimpinan DPTW PKS DKI Jakarta Muhammad Taufik Zoelkifli, yang diadakan secara daring bersamaan dengan Diskusi Sejarah Teks Proklamasi.

Pria yang karib disapa MTZ ini melanjutkan, ini salah satu cara PKS mensyukuri dan mengisi kemerdekaan dengan menggelar lomba dan mempelajari sejarahnya dengan diskusi webinar.

“Ini adalah pemantik, untuk terus menumbuhkan rasa patriotisme, dalam membaca dan memahami tentang teks Proklamasi yang pendek, namun bermakna dalam bagi bangsa ini dan apa pentingnya untuk kita dan bangsa ini,” katanya mengawali sambutan.

“Proklamasi adalah suatu titik balik dari bangsa Indonesia, dari keadaan tertutup atau tidak bebas, karena berada dibawah kekuasaan penjajahan, kedalam suasana kemerdekaan yang dapat menentukan nasibnya sendiri,” imbuhnya lagi.

MTZ juga menjelaskan, kemerdekaan itu sesungguhnya ialah karunia dari Allah SWT. Sebagaimana yang termaktub dalam Al Quran surat Al Fath ayat pertama, jadi sesungguhnya kemerdekaan itu hakekatnya diberikan oleh Allah SWT dan juga ikhtiar perjuangan para pahlawan dan syuhada.

“Berikutnya adalah kita mengisi kemerdekaan yang sudah diberikan Allah SWT dengan baik, diantaranya dengan adanya kegiatan ini,” sambung MTZ yang duduk di Komisi B DPRD DKI.

Masih menurut MTZ, dalam kegiatan ini akan sedikit mengulas dan memperdalam apa yang terjadi dalam sejarah proklamasi 17 Agustus 1945.

“Budayawan dan Aktivis Sejarah Jakarta Roni Adi yang akan mengulas dari sisi sejarah dan budayanya dan Kepala UP Museum Kesejarahan Jakarta Esti Utami terkait dengan cagar budaya dan naskah teks proklamasi,” terangnya.

Di akhir acara, MTZ menyampaikan para pemenang lomba. Pemenang Pertama jatuh kepada Aditya Wardhana, Kedua diraih Aman Nurohman dan Ketiga Muhammad Ramadhan, sementara itu untuk Juara Favorit Pertama diraih Suherman, Favorit Kedua oleh Yova Deva Koswelly.

“Dan pemenang pertama Aditya Wardhana, berhak lolos ke Grand Final yang diadakan Fraksi PKS DPR RI secara virtual pada 19 Agustus 2021 mendatang,” pungkasnya.

Related Posts