Tokoh Perempuan, HNW: Islam Menempatkan Perempuan dalam Peran-peran Terhormat

by Humas PKS Jakarta

Jakarta – Keterlibatan perempuan sebagai roda penggerak pembangunan negara merupakan suatu kemuliaan, dan Islam telah menempatkan perempuan dalam peran-peran terhormat. Demikian yang disampaikan Wakil Ketua Majelis Syura PKS yang pernah menjabat sebagai Ketua MPR-RI 2004-2009 Hidayat Nur Wahid (HNW) melalui kegiatan Diklat Tokoh Perempuan 2021, Ahad (12/9/2021).

Dalam kegiatan yang diselenggarakan secara online melalui zoom meeting oleh Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga (BPKK) DPW PKS DKI Jakarta tersebut, ia menghimbau agar para perempuan terus dapat berperan aktif dalam mewujudkan cita-cita PKS menjadi partai rahmatan lil ‘alamin.

Melalui jalur legislative, HNW berusaha memperjuangkan para perempuan dapat berkiprah lebih besar dalam pembangunan melalui berbagai kritik dan usulan kepada pemerintah agar Kementrian Pemberdayaan Perempuan diberikan kewenangan yang lebih besar dalam memberikan pelayanan bagi perempuan.

“Kementerian Pemberdayaan Perempuan perlu ditingkatkan kelasnya, bukan sekedar kementrian koordinatif namun sebagai kementrian teknis,” ujar HNW, menurutnya peningkatan tersebut dapat meningkatkan anggaran dan kekuasaan sehingga mampu memberdayakan perempuan secara maksimal demi suksesnya masa depan generasi penerus bangsa.

Peran-peran besar di dunia Islam telah dicontohkan oleh para tokoh perempuan terdahulu, seperti Khadijah, ‘Aisyah, dan pahlawan perempuan dari Padang Panjang Rahmah El Yunusiyah, “Dengan demikian terbuktilah bahwa peran tokoh perempuan dalam Islam itu adalah untuk menghadirkan peradaban dan keadaban,” jelas pria yang juga Wakil Ketua MPR RI ini.

Dalam kaitannya dengan kebutuhan tokoh dan penokohan di lingkungan PKS, HNW menambahkan, “Seorang tokoh perempuan itu harus mengerti apa yang dia perjuangkan, yakni pembelaan terhadap PKS,” tandasnya.

Pembukaan diklat yang rencananya akan diselenggarakan selama dua hari tersebut dihadiri Ketua DPW PKS DKI Jakarta Khoirudin, Ketua BPKK Aan Anita, Ketua PKAP DPW PKS DKI Jakarta Asmara Dewi, Anggota Legislatif DPR Fraksi PKS Anis Byarwati, Anggota DPR RI Fraksi PKS Netty Prasetyani, Anggota DPR RI Fraksi PKS Kurniasih Mufidayati. Sementara pada kegiatan kedua akan dihadiri narasumber, Anggota DPRD DKI Jakarta Dedi Supriadi dan trainer nasional BS Wibowo.

Related Posts