Tanggapi Program KSBB, Anggota DPRD DKI Fraksi PKS: Ini Positif dan Selaras Dengan PSBB

by Humas PKS Jakarta

Jakarta – Program Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terkait Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB) mendapat sorotan dari Anggota DPRD DKI Jakarta, Muhayar RM. Ia menyatakan program KSBB sesuatu yang positif dan selaras dengan Pembatasan sosial Berskala Besar (PSBB). Demikian disampaikan Muhayar RM, Senin (4/5/2020) di Jakarta.

 

Muhayar melanjutkan, Peraturan Gubernur DKI Jakarta nomor 33 tahun 2020 tentang PSBB meminta masyarakat membatasi aktivitas di luar rumah dan mobilitas di dalam Jakarta maupun menuju Jakarta. Dalam pergub tersebut juga tertuang kewajiban Pemprov DKI untuk memenuhi kebutuhan pokok masyarakat rentan yang diatur dalam Keputusan Gubernur nomor 386 tahun 2020.

 

“Masyarakat rentan yang mendapat bantuan pemerintah provinsi DKI Jakarta sebanyak 1,19 Juta Kepala Keluarga, ini harus betul-betul benar datanya, harus terupdate,” ujar politisi senior PKS Jakarta ini.

 

Muhayar menilai data penerima bantuan bisa terus bertambah, adanya pembatasan aktivitas dan pekerjaan menyebabkan banyak keluarga yang tadinya berkecukupan menjadi kolaps  penghasilannya. Sehingga selayaknya bantuan pemerintah ditambah. Baik itu bantuan menggunakan anggaran DKI Jakarta maupun bantuan  secara sistemik yang mengatur mekanisme bantuan warga yang ingin membantu sesama masyarakat seperti halnya KSBB.

 

“Banyak warga Jakarta yang berbaik hati dan ingin membantu sesama, namun hal ini menjadi kontraproduktif dengan pemberlakukan PSBB. Karena akhirnya semua bisa berbondong bondong keluar rumah, sehingga pemerintah harus hadir memfasilitasi masyarakat dalam menghimpun bantuan dan mendistribusikannya kepada masyarakat secara merata.” sambung Muhayar yang juga anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta.

 

Muhayar berharap platform digital yang disediakan Pemprov DKI di website https://corona.jakarta.go.id/id/ksbb dapat menampung donasi masyarakat yang ingin saling membantu masyarakat yang membutuhkan. Masyarakat  bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dapat bersama mengawasi penyebaran penyaluran bantuan lewat website tersebut.

 

“Kehadiran platform KSBB ini membuat masyarakat bisa saling membantu dan tetap mematuhi PSBB. Keduanya penting, KSBB dapat memotong mata rantai kelaparan dan PSBB memotong penyebaran covid 19. Masyarakat yang ingin membantu tetap bisa membatasi aktivitas sesuai aturan PSBB,” tandas Muhayar.

 

Diketahui, Pemprov DKI Jakarta memfasilitasi himpunan bantuan masyarakat melalui platform corona.jakarta.go.id/id/ksbb . Dalam website tersebut  menyajikan peta yang menampilkan lokasi dan jumlah keluarga yang tersebar di 2.686 RW. Mereka juga menyajikan empat pilihan paket bantuan yang bisa menjadi alternatif dalam penyaluran dana. Seperti paket makanan siap saji, paket bahan makanan pokok, paket lebaran, dan paket tunjangan hari raya. Adapun bantuan tersebut akan di himpun melalui rekening Palang Merah Indonesia, Baznas DKI Jakarta, Yayasan Rumah Zakat, dan Aksi Cepat Tanggap. Dan bantuan akan disalurkan melalui Lembaga sosial yang sudah melakukan perjanjian kerja sama dengan pemprov DKI Jakarta.

Related Posts