PKS Jaksel Sukses Menyelenggarakan Kemah Pandu Keadilan Gelombang Pertama

by Humas PKS Jakarta

Awal pekan kedua April 2016 kemarin, Dewan Pengurus Daerah Partai Keadilan Sejahtera (DPD PKS) Jakarta Selatan  menggelar acara pelatihan fisik dan mental. Di PKS, kegiatan tersebut lebih dikenal dengan nama Kemah Pandu Keadilan. Acara yang berlangsung di bumi perkemahan Cidahu Sukabumi Jawa Barat ini, mulai berjalan sejak hari Kamis, 7 April 2016 hingga Minggu, 10 April 2016.

Kegiatan Kemah Pandu Keadilan gelombang pertama ini diikuti sekitar 200 –an  kader PKS dari wilayah Jakarta Selatan. Para peserta sudah berada di Cidahu, sejak Kamis (7/4) malam.  Pagi harinya, acara dimulai dengan olah raga, kemudian dilanjutkan upacara pembukaan yang diawali tilawah, disusul dengan mengumandangkan lagu “Indonesia Raya” serta Mars PKS. Upacara pembukaan dipimpin oleh Ketua Bidang Kepanduan dan Olah Raga  (BKO) DPP, Cahya Zailani. Dalam sambutannya, Pak Cahya meminta para kader mengikuti acara ini dengan sepenuh hati dan semangat tinggi. Selama tiga hari kedepan, para peserta akan digembleng secara fisik juga mental.

Hari Jumat pagi (8/4), agenda pertama yang dilakukan adalah baris berbaris. Seluruh peserta mengikuti aba – aba baris berbaris dari instruktur yang sudah berpengalaman. Selain itu, para peserta juga diberi materi tentang bela negara. Kemudian siangnya peserta dibekali dengan materi navigasi darat yakni teknik membaca arah konvensional maupun dengan kompas. Setelahnya peserta diberi pengenalan tentang survival, atau bertahan hidup di rimba belantara, ini berguna untuk para kader jikalau nanti tersesat di hutan. Setelah itu para peserta diminta untuk langsung mempraktekan materi yang sudah diterimanya.

Sabtu sampai Minggu, kader mengikuti long march menyusuri hutan di sekitar Gunung Salak. Setelah peserta kembali ke base camp, mereka langsung mendapat suguhan teh manis hangat, dilanjutkan dengan makan tongseng kambing. Alhamdulillah semua peserta dapat mengikuti acara dari awal sampai akhir, hingga semuanya berhak mendapatkan slayer tanda kelulusan.

Dari wajah para peserta seolah terlihat kepuasan dalam mengikuti rangkaian acara Kemah Pandu Keadilan kali ini, seolah sesuatu yang dirindukan telah terbayarkan. Ini sesuai dengan amanat ketua DPD PKS Jaksel, Al Mansur Hidayatullah bahwa Kemah kali ini akan menjadi kemah yang  dirindukan oleh kader. InsyaAllah masih akan ada dua gelombang kemah lagi yang akan diselenggarakan oleh BKO DPD PKS Jaksel di bulan April dan Mei mendatang. Nikmatnya kemah masih terasa hingga peserta pulang sampai tujuan masing-masing.

Kegiatan Kemah Pandu Keadilan ini diselenggarakan untuk meningkatkan kedisplinan kader dan juga untuk memupuk rasa persaudaraan sesama kader. Selain itu program ini juga menjadi program support tanggap bencana, dimana sewaktu – watu terjadi bencana alam maka kader sudah siap digerakan untuk membantu masyarakat dengan cepat dan tepat.

Related Posts