Layanan Konselor Keluarga PKS, Aan Anita: Ketahanan Keluarga Merupakan Sumber Kekuatan Negara

by Humas PKS Jakarta

Jakarta – Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKS DKI Jakarta melalui Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga (BPKK) yang digawangi Aan Anita Trisusilawati, Ahad (18/7/2021), mengadakan kegiatan Training for Trainers (TFT) yang bertajuk Pelatihan Konsultan Ketahanan Keluarga RKI Wilayah DKI Jakarta. Pelatihan satu hari tersebut diselenggarakan dalam rangka memenuhi kebutuhan layanan konseling sebagai tempat curhat di tengah masyarakat.

Dalam sambutannya Aan menggaris bawahi urgensi diadakannya pelatihan konselor tersebut, ia menyampaikan, penguatan unit masyarakat terkecil yakni keluarga dapat menghasilkan ketahanan keluarga yang kelak menjadi salah satu sumber kekuatan bagi bangsa Indonesia, “Negara ini bisa kuat, dan hal tersebut harus dimulai dari keluarga kecil kita,” katanya.

Menururt Aan lagi, bentuk ideal keluarga yang menjadi fokus utama PKS adalah keluarga yang dilandasi tidak hanya oleh iman melainkan juga ilmu. Ia menjabarkan bahwa orang-orang yang berimanlah yang mampu menjaga diri dan keluarga mereka dari api neraka.

Hal itulah yang menjadi alasan utama BPKK melalui salah satu programnya, Rumah Keluarga Indonesia (RKI), bertekad memberikan layanan konseling bagi keluarga yang membutuhkan, “Dengan adanya konsultan keluarga ini mudah-mudahan bisa membantu permasalahan-permasalahan di dalam rumah tangga baik suami, istri, maupun anak,” ujar Aan.

Di kesempatan yang sama ia juga menyinggung tentang betapa pentingnya untuk saling menguatkan keimanan antar anggota keluarga terutama di masa pandemi Covid yang telah memakan banyak korban jiwa, “Masjid setiap hari mengumumkan berita duka cita,” ujarnya dengan suara tercekat.

“Kepada para peserta tolong diikuti, disimak, dan  benar-benar dipahami agar dapat melayani masyarakat, karena ini adalah salah satu bentuk dari khidmatnya Partai Keadilan Sejahtera di masyarakat,” ujar Aan yang juga memandu pembacaan ikrar komitmen di akhir acara.

Kegiatan pelatihan yang dilaksanakan secara daring ini menghadirkan narasumber kompeten di bidang psikologi dan keluarga seperti Cahyadi Takariawan, Ida Nurlaila, Muhammad Iqbal, dan Kisma Fawzea, serta turut dihadiri oleh Ketua DPW PKS DKI Jakarta Khoirudin dan Ketua Departemen KK BPKK DPP PKS Eko Yuliarti Siroj. Kegiatan tersebut dipandu oleh Sandra Ayu Ika Sari sebagai MC, RR. Tri Rizalina dan Anie Rastim sebagai moderator. Aan juga sempat menyanyikan lagu Harta Berharga, yang liriknya menjadi bagian dari penguatan ketahanan keluarga.

Related Posts