Kemah Peduli PKS Kalsel: Berlatih Bersama TNI menjadi Penyintas Siaga Bencana

by Humas PKS Jakarta

PKS Kalimantan Selatan kembali melaksanakan kegiatan Kemah Peduli yang diikuti dua ratus kader yang tersebar se-kalimantan selatan, Pada 1-3 Januari 2015. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dimana kegiatan bernuansa gunung, kali ini Kemah Peduli mengambil tempat di ujung Pulau Kalimantan, Teluk Tamiang, Desa Lontar yang berlatar nuansa pantai yang khas dengan angin laut dan deruan ombak. Hal ini dikemukakan oleh Khairuddin Al-Asy’ari, ketua Bidang Kepanduan dan Olahraga DPW PKS Kalsel disela pembukaan Kemah Peduli PKS Kalsel (1/1)

Menurut Khairuddin, kemah peduli tahun ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, selain nuansa pantai yang panas serta jarak tempuh yang dahsyat, kegiatan ini juga langsung didukung oleh Kodim 1004 Kotabaru. “Kita berlatih disiplin mencintai NKRI dengan wawasan kebangsaan, menjadi Penyintas dengan mendaki gunung dan bertahan hidup di hutan berpantai”, ujar Heru (sapaan akrab khairuddin, -red).

Heru mengakui bahwa perjalanan menuju lokasi tidak segampang tahun-tahun sebelumnya. ”peserta dari Kabupaten Tabalong harus menempuh waktu 24 jam untuk sampai ke lokasi, sedangkan dari lokasi harus menempuh puluhan kilometer lagi dengan berjalan kaki, kemudian mereka akan dilepas di hutan tanpa membawa bekal makanan apapun”, ujar Heru.

Turut hadir dalam kegiatan ini Ketua Fraksi PKS Kalsel, Riswandi, Ketua DPW PKS Kalsel, Ibnu Sina, serta seluruh Ketua DPD PKS Se-Kalimantan Selatan.

Kegiatan ini juga dibuka secara spesial oleh Ketua DPP Wilda Kalimantan, Hadi Mulyadi yang berdomisili di Samarinda, Kalimantan Timur. Beliau berpesan bahwa kader-kader PKS harus tangguh dalam segala situasi. “kita pastikan bahwa seluruh kader PKS, wajib untuk mengikuti kegiatan ini, tidak peduli mereka pejabat publik, anggota dewan, atau apapun posisi mereka”. Tegas Hadi yang juga merupakan Anggota DPR-RI di Senayan ini.

Setelah kegiatan survival selesai, Pembantu Letnan Satu, Peltu Sugiarto dari Kodim 1004 Kotabaru menuturkan bahwa kader-kader PKS sangat disiplin dan sangat mudah diatur. “sepanjang riwayat saya berlatih bersama kelompok-kelompok non militer, hanya kader-kader PKS yang begitu mudah diatur, disiplin, religius, bersahabat, bahkan tidak merokok”, ungkapnya.

Related Posts