Kasus Harian Terus Naik, Fraksi PKS Minta Pemprov DKI Perkuat Ajakan Prokes, Massifkan Vaksinasi dan Tingkatkan Kewaspadaan

by Humas PKS Jakarta

Jakarta – Kasus harian di Indonesia yang mulai rutin diatas 500 kasus per hari dan di Jakarta sebanyak 720 kasus per hari yang diupdate pada 15 Januari 2022 lalu memberikan sinyal bahwa tingkat kewaspadaan harus segera diperhatikan dan dilaksanakan oleh semua pihak.

Hal ini disampaikan Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta Achmad Yani di Jakarta, Senin (17/1/2022).

“Di Jakarta sudah hampir seribu kasus aktif, jangan sampai kondisi terburuk terulang lagi,” katanya.

Untuk itu, lanjut Yani, Fraksi PKS meminta Pemprov DKI Jakarta perkuat ajakan dan implementasi protokol kesehatan yang sudah mulai kendur, baik di kalangan pimpinan pemerintahan dan juga rakyat yang paling bawah. Masyarakat juga agar tetap memakai masker dalam beraktivitas di luar rumah, bahkan masker yang didobel, menghindari kerumunan dan menjaga jarak aman dalam beraktivitas.

“Ekonomi, pariwisata, sekolah sudah kembali bergeliat, jangan sampai semua kembali ke PPKM level terendah, ayo evaluasi segera, ambil kebijakan yang tepat,” harap Yani kepada Pemprov DKI.

“Masyarakat harus diingatkan bahwa pandemi belum selesai dan sekarang ada varian Omicron yang penyebarannya sangat cepat. Kita tidak boleh lengah,” sambungnya.

Yani menambahkan, di Jakarta sempat terjadi angka aktif di sekolah saat beberapa hari dibukanya PTM 100 persen, disaat yang sama anak-anak masih dalam proses vaksinasi, disusul dengan adanya vaksinasi booster bagi orang dewasa yang baru dimulai beberapa hari yang lalu.

“Harus ada evaluasi menyeluruh baik terkait PTM 100 persen, pariwisata, kegiatan perekonomian dan juga vaksinasi, sejurus dengan ajakan pengetatan prokes dan peningkatan kewaspadaan. Berikan perhatian khusus pada daerah-daerah yang terjadi peningkatan kasus. Persiapkan juga semua fasilitas kesehatan untuk menghadapai lonjakan khusus,” terang Yani.

Secara khusus Yani juga meminta agar vaksinasi booster bisa segera direalisasikan di Jakarta dan mengandeng berbagai pihak untuk bersinergi dalam vaksinasi booster ini.

Diketahui, per 17 Januari 2022, ada tujuh daerah di Indonesia yang melaporkan kasus aktif covid-19 varian omicron, diantaranya Jakarta, Malang, Bogor, Tangerang Selatan, Bandung, Medan dan Surabaya.

Related Posts