Kader PKS DKI Jakarta Dibekali Manhajiatul Ijtihad

by Humas PKS Jakarta

Jakarta (17/9) – Melalui Daurah (Pembekalan) Manhajiatul Ijtihad, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) memberikan pembekalan kepada seluruh pengurus Dewan Syariah Wilayah (DSW) dan Daerah (DSD) serta Pimpinan PKS Jakarta yang dilaksanakan selama dua hari bertempat di Gedung DPRD DKI Jakarta, 17-18 September 2016.

Ketua DSW PKS DKI Jakarta Abdurrahman Suhaimi mengatakan, melalui pembekalan ini, agar semua kebijakan yang dihasilkan PKS berlandaskan ilmu sehingga dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat.

“Pertama, PKS kan partai kader, jadi harus ada pembekalan terus kepada kader supaya ada landasan ilmu. Kemudian yang kedua, untuk kontribusi kepada masyarakat, jadi ketika kita punya ilmu, dan di masyarakat banyak permasalahan yang perlu diselesaikan. Dan itu harus ada metodologi yang kita sebut dengan manhaj,” jelas Suhaimi, Ahad (18/9/2016).

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris DSW PKS DKI Jakarta Nasrullah, sekaligus ketua pelaksana kegiatan mengatakan,  daurah ini bertujuan memberikan kerangka dasar kepada pengurus Dewan Syariah dalam memahami nash-nash syar’i agar menghasilkan ijtihad yang tepat.

“Ini penting buat mereka para pengurus dewan syariah wilayah dan daerah untuk mendasari ketika mereka mengambil keputusan. Karena metode ijtihad dalam Islam ini hasilnya dapat berbentuk fatwa, bayan, edaran sampai dalam bentuk kebijakan,” jelasnya.

Kerangka yang dimaksud merupakan pemahaman terhadap fiqh nushus atau dasar pengambilan nash, fiqh prioritas hingga pemahaman maslahah dan mafsadah, khususnya untuk partai dakwah seperti PKS.

“Yang namanya partai dakwah harus memberikan keputusan sesuai dengan Islam. Karena dakwah itu ya Islam, dan Islam itu ya kita harus berdakwah. Harus sesuai. Kalau salah memberikan keputusan, ini sangat berbahaya,” sambung Nasrullah.

Di akhir acara, Abdurrahman Suhaimi menjelaskan pembekalan ini merupakan pembuka dan akan dilaksanakan pembekalan lebih lanjut.

“Ini baru pembukaan dan harus ada tindak lanjut yang berkesinambungan,” tutup Suhaimi yang juga Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta.

Related Posts