Hubungan Industrial Harmonis, Khoirul Anwar: Perlu Duduk Bersama Antara Pengusaha Dan Pekerja

by Humas PKS Jakarta

Jakarta – Ditengah peliknya permasalahan perburuhan dan ketenagakerjaan yang masih terus bergulir, Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKS DKI Jakarta melalui webinar yang diselenggarakan oleh Bidang Ketenagakerjaan DPW PKS DKI Jakarta bertajuk Membangun Hubungan Industrial Harmonis dengan Pemangku Kepentingan Ketenagakerjaan, Selasa (4/5/2021), dengan menghadirkan para pakar di bidang industri berupaya menemukan solusi dalam membangun hubungan industrial yang harmonis demi meningkatnya daya saing Indonesia di kancah internasional.

Aggota Dewan Pengupahan DKI Jakarta Khairul Anwar pada kesempatan tersebut menyampaikan dalam upaya mencapai win-win solution perlu adanya komunikasi yang baik antara ketiga pilar industri yaitu pekerja, pengusaha dan pemerintah.

Lebih lanjut, Khairul memberikan catatan terkait permasalahan pengupahan. Ia merasa perlu bagi pengusaha dan pekerja untuk duduk bersama, bermusyawarah dalam mengupayakan pemecahan masalah bagi kedua belah pihak agar tidak berat sebelah, “Perlu diupayakan melalui forum komunikasi yang memang dibangun secara murni, secara tulus, tidak bisa di atas kepentingan yang hanya sesaat.”

“Komunikasi ini harus dilakukan secara sejajar, dua arah, kemudian harus bersifat pengayaan,” ujar Khairul menerangkan perlunya pengayaan opini dan perspektif bagi para buruh agar didapati gambaran yang holistik terkait dunia perindustrian, sehingga tidak hanya membangun sudut pandang berdasarkan literatur dan undang-undang.

“Jadi memang tanggung jawab bersamalah, supaya kedua-duanya bisa saiing masuk ke wilayahnya masing-masing,” lanjut Khairul dalam kegiatan yang diadakan dalam rangka memperingati Hari Buruh 1 April 2021 tersebut.

Khairul mengharapkan hubungan kerjasama yang harmonis dibangun lewat kemitraan yang nyata berdasarkan prinsip simbiosis mutualisme, dimana buruh melalui serikat pekerja berusaha memenuhi target-target yang ditentukan oleh perusahaan, sebaliknya managemen perusahaan harus memahami situasi dan kondisi yang dialami oleh pekerja. Penguatan aspek tersebut sangat diperlukan mengingat persaingan dunia industri internasional yang telah memasuki era industri 4.0.

Narasumber lain yang dihadirkan pada webinar yang disiarkan melalui live streaming youtube, di antaranya Ketua DPW PKS DKI Jakarta Khoirudin, Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta Fraksi PKS Abdul Aziz, Kepala Disnakertrans dan Energi DKI Jakarta Andri Yansyah, Ketua DPP APINDO DKI Jakarta Solihin, Ketua Bidang Ketenagakerjaan DPW PKS DKI Jakarta Nur Rochim Achmad sebagai moderator, dan  Andi dari Federasi Serikat Pekerja Logam Elektronik Mesin  (FSP LEM) Jakarta sebagai pemandu acara.

Related Posts