Hardiknas 2020, Fraksi PKS: Guru Perlu Lebih Mengembangkan Kreativitas dalam Mengajar Online

by Humas PKS Jakarta

Jakarta – Pandemi Covid-19 yang menimpa Jakarta membuat kegiatan belajar-mengajar siswa-siswa harus dilakukan di rumah karena sekolah ditutup untuk mencegah penularan Covid-19. Sudah 1,5 bulan siswa dari semua jenjang sekolah harus menjalani proses belajar di rumah sesuai anjuran pemerintah. Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta Muhammad Arifin menilai, kondisi ini harus dimanfaatkan oleh para guru untuk lebih mengembangkan kreativitas dalam mengajar, karena harus dilakukan tanpa tatap muka langsung.

 

“Kreatvitas ini dilakukan baik dari sisi metode, penggunaan alat bantu maupun pendekatan dalam mengajar siswa agar tetap bisa menerima dan mencerna pelajaran yang diberikan dengan baik,” ucap Arifin di Jakarta, Sabtu (2/5/2020)

 

Lebih jauh Arifin mengatakan, momen Hari Pendidikan Nasional tahun ini harus menjadi penyemangat bagi para guru di sekolah untuk tidak lelah dalam memberikan pelajaran jarak jauh dan menunjukkan kreativitas mereka dalam memberikan pelajaran bagi para siswa yang berada di rumah.

 

“Kreativitas menjadi kunci keberhasilan pembelajaran yang harus digunakan dengan pendekatan online ini. Guru harus mampu membuat rencana pembelajaran online yang ringan, tidak membosankan namun tetap efektif dalam menyampaikan muatan bahan ajar yang diberikan,” kata Arifin menambahkan.

 

Namun menurut pria yang juga Ketua MPW PKS DKI Jakarta ini, guru juga tidak boleh terjebak memaksakan sebuah metode atau penggunaan aplikasi belajar online yang dianggapnya kekinian dan keren namun ternyata tidak sesuai dengan tujuan pembelajaran yang dilakukan secara online dan justru mempersulit siswa dalam mendapatkan dan memahami pelajaran yang diberikan.

 

“Jangan sampai justru dikhawatirkan membuat siswa menjadi stres dan tidak bersemangat mengikuti. Apalagi kalau kemudian juga dibebani dengan banyak penugasan agar siswa bisa belajar sendiri,” tandas Arifin.

 

Dalam momentum Hari Pendidikan ini, Arifin juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada para guru yang tetap intensif dan bersabar dalam memberikan pelajaran dan bimbingan kepada para siswa yang harus belajar di rumah. Ditengah berbagai kesulitan dan keterbatasan di masa pandemi Covid-19 ini, banyak guru yang terus berusaha memberikan pengajaran yang terbaik dengan berbagai usaha dan kreativitas yang dilakukan.

 

“Diharapkan semangat dan kreativitas mengajar ini tetap dilanjutkan meskipun proses-belajar mengajar telah kembali normal,” demikian Arifin.

Related Posts