Gubernur DKI Jakarta: Kekuatan Sebuah Bangsa Tidak Terletak Pada Sumber Daya Alamnya Melainkan Pada Manusianya

by Humas PKS Jakarta

Jakarta – Aspek mendasar kekuatan sebuah bangsa bukan berasal dari kekayaan sumber daya alamnya tapi ada pada potensi dan kinerja prima manusia itu sendiri sebagai komponen utama bangsa, demikian isi sambutan Gubernur DKI Anies Baswedan dalam acara webinar yang mengangkat isu Pendidikan yang Mengubah Wajah Sebuah Bangsa. Kegiatan yang berfungsi sebagai pengayaan bagi para praktisi di bidang pendidikan ini didasari kepedulian Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKS DKI Jakarta tentang upaya mengakselerasi mutu pendidikan di wilayah ibu kota, digagas Bidang Kesejahteraan Sosial DPW PKS DKI Jakarta, Sabtu (8/5/2021).

“Dan saya tidak menggunakan istilah sumber daya manusia karena istilah tersebut perspektifnya adalah perspektif ekonomi, yang melihat manusia sebagai salah satu faktor produksi, dimana pendidikan semata-mata persiapan untuk masuk ke tempat kerja,” ujarnya memberikan gambaran.

Berdasarkan analisa mantan Menteri Pendidikan Indonesia periode 2014-2019 tersebut, pendidikan sesungguhnya bukan suatu bentuk usaha individu dan instansi terkait dalam rangka mempersiapkan diri memasuki dunia kerja, melainkan suatu bentuk usaha pengembangan seluruh potensi dengan menumbuhkan nilai agama, kebudayaan, adat istiadat, kebiasaan, dan berbagai aspek lainnya.

Sasaran manfaat pendidikan yang ingin dicapai oleh Pemprov DKI, seperti yang dikemukakan Anies, bahwa sepuluh tahun mendatang masyarakat Jakarta dapat merasakan hasil dari pendidikan berkeadilan yang dicanangkan sejak saat ini, dimana seluruh lapisan masyarakat dapat merasakan pendidikan yang baik sehingga dapat meningkatkan harkat dan martabat bangsa di mata dunia. Ia merasa bersyukur karena banyak pihak yang turut mengambil bagian dari rencana besar tersebut, termasuk di antaranya PKS DKI Jakarta.

“Kami berharap kegiatan ini bisa menjadi salah satu contoh bukti keseriusan sebuah partai politik dalam pengembangan kualitas manusia, dalam pengembangan kualitas bangsa,” ujar Anies memberikan apresiasi kepada PKS yang menurutnya selalu konsen berpartisipasi aktif memajukan dan mengembangkan dunia pendidikan di tanah air.

Ia ingin masyarakat Indonesia khususnya Ibukota menjadi bangsa pembelajar, “Bahwa dengan menggunakan istilah itu masyarakat kemudian menjadi sosok pembelajar kapan pun, dimana pun.”

“Kita maju kalau pendidikannya maju, dengan demikian bangsa kita akan berkembang dan terus berkembang,” ujar Anies yang lahir pada tanggal 7 Mei 1969, penuh keyakinan.

“Saya ucapkan selamat webinar, semoga berjalan lancar, semoga terjadi proses pembelajaran yang mutualistik. Semoga dapat memberikan manfaat dan masukan bagi kami di pemerintahan” ujar Gubernur yang diusung PKS di Pilgub DKI 2017 tersebut menutup sambutannya dihadapan peserta webinar yang disiarkan langsung melalui streaming youtube.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga jam tersebut menghadirkan narasumber di antaranya Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nahdiana, Anggota Legislatif DPRD DKI Jakarta Komisi E Fraksi PKS Solikhah, serta Trainer Nasional, Penulis, Praktisi Pendidikan Handayani Suminar Indrati. Serta dipandu Ketua Bidang Kesejahteraan Sosial DPW PKS DKI Jakarta Nurlaila, sebagai moderator dan Ketua Bidang Kepemudaan DPW PKS DKI Jakarta Andriyana, sebagai MC.

Related Posts