BidSos PKS Mengawal Warga Untuk Mendapatkan Layanan Operasi Katarak

by Humas PKS Jakarta

Dua pekan ini, Bidang Sosial PKS Pancoran sedang melakukan advokasi dua warga kurang mampu dari Kalibata yang membutuhkan layanan operasi katarak. Advokasi yang dilakukan adalah advokasi kesehatan untuk memastikan program Kartu Jakarta Sehat (KJS) ataupun BPJS yang dicanangkan pemerintah bisa dilaksanakan secara konsisten. Kita sering mendengar masyarakat miskin yang memerlukan fasilitas kesehatan sering di persulit oleh pihak rumah sakit.

Sebagai warga negara, warga miskin mempunyai hak dasar yang melekat pada dirinya untuk mendapatkan pemeliharaan hidup oleh negara, termasuk memelihara kesehatan, sebagaimana dijamin dalam konstitusi dasar negara, UUD `45, Pasal 28 H. Sebagai konsekuensinya, tentu negara ataupun pemerintah harus bertanggung jawab melindungi, menjaga, dan memelihara kesehatan seluruh warganya tanpa kecuali dan khususnya warga negara yang hidup dalam deraian kemiskinan dan selalu rentan terhadap aneka jenis penyakit.

Pemerintah Jakarta boleh saja mengklaim alokasi anggaran pengentasan kemiskinan dan kesehatan meningkat akhir – akhir ini. Namun tidak bisa dipungkiri kebenarannya, masih ada warga yang belum menikmati pelayanan kesehatan dengan layak. “Jaminan kesehatan belum banyak dirasakan masyarakat karena proses yang berbelit-belit. Banyak masyarakat yang masih tidak mengerti dengan berbagai program jaminan kesehatan yang diluncurkan pemerintah,” ujar Nukman, kabid Sosial DPC PKS Pancoran.

Dua pasien tersebut, sudah berhasil diantar oleh tim bidsos PKS DPC Pancoran ke rumah sakit untuk mendapatkan pemeriksaan awal terkait kondisi pasien pada Sabtu (11/4) kemarin. Alhamdulillah Sabtu ini (18/4) segera ditindaklanjuti dengan operasi kataraknya, dengan terlebih dahulu menginap satu hari sebelum operasi dilakukan.

Dua warga tersebut menuturkan bahwa biasanya kalau mengurus sendiri via BPJS/KJS harus antri dan diminta menunggu empat bulan untuk bisa berobat atau operasi katarak. Alhamdulillah dengan bantuan advokasi dari bidang sosial DPC PKS Pancoran, dua kali kunjungan langsung operasi. Program sosial ini juga didukung dan difasilitasi oleh aleg DPRD PKS asal dapil delapan Jakarta Selatan, Drs. Ahmad Yani.

Related Posts