Bekali Remaja Dengan Pendidikan Politik, Fraksi PKS Terima Enam Anggota Parlemen Remaja Dapil DKI

by Humas PKS Jakarta

Jakarta – Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD DKI Jakarta menerima enam anggota parlemen remaja dari daerah pemilihan DKI Jakarta tahun 2021. Keenam anggota parlemen remaja ini diterima langsung Penasehat Fraksi PKS Nasrullah dan Sekretaris Fraksi PKS Muhammad Taufik Zoelkifli untuk mendapat pembekalan proses demokrasi dan pendidikan politik di DKI Jakarta, Kamis (2/9/2021) di Ruang Fraksi PKS DPRD DKI, Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat.

“Fungsi Dewan ada tiga, antara lain, Legislasi, Anggaran dan Pengawasan menurut UU Nomor 32/ 2004,” kata Nasrullah, membuka diskusi silaturahmi.

Nasrullah juga menjabarkan, kaitannya dengan legislasi, anggota dewan memiliki target pembuatan peraturan-peraturan daerah yang berkoordinasi dengan eksekutif untuk kemaslahatan warga ibu kota. Begitu juga dalam fungsi penganggaran, harus sebaik-baiknya untuk kepentingan warga Jakarta.

“Dalam fungsi pengawasan, kami melakukan rapat-rapat kerja dengan Dinas-Dinas terkait dan atau jajarannya, juga melakukan kunjungan ke konstituen dengan melaksanakan sosialisasi peraturan daerah dan juga reses,” sambung Nasrullah yang berasal dari daerah pemilihan Jakarta Barat X.

Ditempat yang sama Sekretaris Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta Muhammad Taufik Zoelkifli mengapresiasi keikutsertaan remaja yang mau melihat dan belajar dari dekat tentang demokrasi khususnya dinamika politik di DKI Jakarta juga Nasional di DPR RI nantinya.

“Karena diusia anda semua, rata-rata usia yang tidak tertarik dengan dunia politik, tapi kami sangat mengapresiasi anda telah mengikuti kontestasi Parlemen Remaja yang diadakan DPR RI yang mewakili DKI Jakarta,” sebut MTZ yang juga Sekretaris Majelis Pertimbangan Wilayah PKS DKI Jakarta.

Diketahui, Parlemen Remaja adalah program rutin yang diadakan oleh Sekretariat Jenderal DPR RI setiap tahun sejak 2008 silam. Selain sebagai pendidikan politik dan demokrasi, juga adanya amanat dari Asosiasi Parlemen Dunia (IPU) yang menetapkan tanggal 15 September sebagai “International Day Of Democracy”. Indonesia sebagai bagian dari keanggotaan IPU diamanatkan untuk menyelenggarakan kegiatan Parlemen Remaja sebagai wahana pendidikan demokrasi.

Untuk anggota Parlemen Remaja dari dapil DKI Jakarta, terpilih diantaranya, Aisyah Shobrina yang berasal dari SMA Negeri 81 Jakarta, Anggraini Indah A. M berasal dari SMAN 105 Jakarta Timur, Sabiq Muhammad Al Ghazi berasal dari Fatih Sultan Mehmet International High School Istanbul, Devin Fahrezi Alandeta berasal dari SMA Islam Harapan Ibu, Naila Fadia berasal dari SMAN 73 Jakarta Barat dan Aisyah Berlianti Afriandi berasal dari MAN 22 Jakarta.

Enam anggota parlemen remaja ini akan mengikuti seluruh rangkaian acara Parlemen Remaja 2021 pada tanggal 13-17 September 2021 melalui virtual.

Related Posts