Agar Warga Paham Sistem Kesehatan Daerah, Dany Anwar Sosialisasikan Perda 4 Tahun 2009

by Humas PKS Jakarta

Jakarta – Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PKS Dany Anwar melaksanakan kegiatan penyebarluasan Sosialisasi Peraturan Daerah (Sosperda) Nomor 4 tahun 2009 tentang Sistem Kesehatan Daerah, di Jalan Kebon Pala I, Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jum’at (15/7/2020).

Menurut Dany, warga DKI Jakarta harus dipahami tentang sistem kesehatan daerah yang sudah dijadikan Perda selama 11 tahun yang lalu, mulai dari upaya Kesehatan, pembiayaan Kesehatan, jaminan pembiayaan Kesehatan, sumber daya manusia Kesehatan, obat dan perbekalan, pemberdayaan masyarakat, manajemen kesehatan dan perizinan, pembinaan serta pengawasan.

“Jangan sampai warga hanya tahu berobat saja, padahal ada keuntungan yang bisa diterima masyarakat, terlebih untuk warga tidak mampu,” kata Dany.

Dalam Bab Sanksi, Dany menyebutkan, ada yang namanya Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK), adalah jaminan yang diberikan oleh penyelenggara pelayanan kesehatan kepada peserta baik jaminan rawat inap, rawat jalan, tindakan dan obat. Di Pasal 37 Perda 4 tahun 2009 ini mengatakan, semua penyedia layanan kesehatan milik Pemprov DKI dan penyedia layanan kesehatan milik swasta yang telah mengikat perjanjian dengan Pemprov DKI wajib memberikan pelayanan bagi peserta JPK.

“Jika tidak melakukan dengan baik, sanksinya ada di pasal 63, akan dikenanakan sanksi pidana kurungan 6 bulan atau denda paling banyak Rp 50 juta, ini yang harus dipahami warga, dan ini fungsinya sosialisasi perda dilakukan,” terang Dany yang juga Sekretaris Komisi A DPRD DKI Jakarta.

Dalam acara yang berlangsung sekitar dua jam ini, hadir sebagai narasumber Agung Gustaman dan dimoderatori Drajat, turut hadir pula Kepala Puskesmas Kebon Melati dr. Tri Yunita juga turut hadir memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan warga.

Related Posts