Terima Massa Gerakan Buruh Jakarta, Anggota Fraksi PKS DPRD Ismail: Jakarta Ditimpa ‘2 Gempa’

Jakarta – Setelah menerima perwakilan Gerakan Buruh Jakarta di dalam Gedung DPRD DKI Jakarta, salah satu anggota Fraksi PKS Ismail diminta untuk menyampaikan orasi dan menyampaikan Pernyataan Sikap menolak dari Fraksi PKS.

Mengawali orasinya Ismail menyampaikan, Jakarta saat ini ditimpa ‘2 Gempa’. Dirinya melanjutkan, dua gempa yang dimaksud yaitu pertama, penyebaran virus Covid-19, dan semoga Allah SWT menjaga warga Jakarta khususnya. Dan kedua yang paling menyakitkan, adanya rencana pengesahan RUU Omnibus Law khususnya cluster Cipta Kerja yang akan dijadikan Undang-Undang (UU).

“Ini yang kita rasakan saat ini, khususnya yang paling menyakitkan kita semua adalah RUU Omnibus Law cluster Cipta Kerja, yang hari ini kita sampaikan untuk ditolak menjadi UU,” tegas Ismail disambut gemuruh peserta aksi.

Ismail yang juga Ketua DPD PKS Jakarta Pusat mengatakan, perlu adanya persamaan persepsi dalam penolakan RUU Omnibus Law ini, setidaknya ada tiga hal. Pertama, bahwa Indonesia yang menganut paham civil law tidak mungkin diterapkan di negara Indonesia, karena UU ini hanya diterapkan di negara-negara yang menganut Common Law.

Kedua, lanjut Ismail, penyusunan RUU Omnibus Law ini sangat dipaksakan, karena kurang lebih 70 UU dipaksakan menjadi satu yang terbagi menjadi 11 cluster, 1000 lebih pasal, “Hal ini tidak cukup waktu untuk diteliti satu per satu, dan dipaksa untuk disahkan dalam waktu singkat,” ungkap Ismail dari atas mobil komando, yang berada di pagar luar Gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu (11/3/2020).

Kemudian ketiga, penyusunan konten RUU Omnibus Law Cipta Kerja tidak melibatkan stakeholder yang komprehensif, tidak melibatkan buruh dan pekerja.

“Tidak heran jika hal ini menimbulkan penolakan di masyarakat. Dan yang terpenting dalam penolakan RUU ini, belum jelasnya terkait jaminan terhadap pekerjaan, penghasilan dan sosial,” tandas Ismail.

Di akhir orasinya, Ismail yang ditemani Ketua Komisi B dari Fraksi PKS Abdul Aziz membacakan pernyataan sikap dari Fraksi PKS terhadap penolakan RUU Omnibus Law Cipta Kerja dan disambut tepuk tangan dari ribuan peserta aksi yang hadir.