Tantangan Parpol di 2015, Regenerasi dan Kaderisasi Partai

by Humas PKS Jakarta

Sebagai tindak lanjut Rapat Kerja Cabang (Rakercab) DPC PKS Pancoran pada awal 2015 yang lalu, maka jajaran kader DPC PKS Pancoran segera menetapkan bahwa kaderisasi di PKS Pancoran harus menjadi poin pertama dan utama.

PKS harus berani menjadi contoh sebagai partai yang sukses melakukan kaderisasi internal. Walaupun dianggap sebagai partai muda yang sedang beranjak dewasa, PKS harus sukses melakukan kaderisasi internal. Kesuksesan PKS melakukan kaderisasi, dapat dilihat dari munculnya kader – kader baru dan muda. Sudah saatnya PKS menunjukkan sebagai partai yang bisa dijadikan rujukan dalam hal kaderisasi.

Tahun 2015 dinilai sebagai tahun tantangan bagi proses kaderisasi dan regenerasi partai politik. Saatnya kader – kader muda harus muncul dengan ide – ide progresif dan kreatifnya. Dalam terori politik, partai modern itu selalu menghadirkan generasi baru untuk menjadi pelanjut atau estafet.

Roda sejarah akan terus berputar dan berputar, pastinya akan memakan usia siapapun anak manusia. Inilah yang menjadi tantangan utama bagi PKS Pancoran untuk memastikan sistem regenerasi dan kaderisasi tetap berjalan. Tugas utama parpol adalah bukan mencari ketua umum, tapi memastikan bangsa ini memiliki stok calon – calon kader pemimpin yang berkualitas. Maka sistem regenerasi dan kaderisasi PKS Pancoran di bawah kepemimpinan Bang Rijal ini wajib berjalan sepanjang waktu periodenya. Sehingga penyiapkan sistem perekrutan dan kaderisasi yang lebih baik untuk pengurus partai adalah kewajiban. Sistem kaderisasi di segala lini harus sustainable, harus bisa menunjukkan parpol sebagai agen perubahan.
 
Ibarat manusia, PKS sebagai partai harus terus tumbuh menjadi dewasa dan terus berpikir serta bergerak meningkatkan kapasitas dan menajamkan narasi sensitivitasnya menuju partai yang modern. PKS harus terus mengembangkan kaderisasinya menuju parpol yang modern. Sehingga PKS bisa berpotensi menjadi rujukan sukses dalam mengelola partai di Indonesia. Proses kaderisasi dan regenerasi adalah syarat mutlak yang diperlukan sebagai prasyarat partai modern.

Oleh karenanya PKS harus terus melakukan pembenahan, salah satunya adalah penguatan kader sebagai bahan baku utama dalam menggerakan roda partai. Kaderisasi menjadi ujung tombak utama dan menjadi program prioritas partai. Kalau setahun yang lalu tahun politik, maka setahun ke depan adalah tahun kaderisasi.(PKS Pancoran)

Related Posts