Selenggarakan Festival Banjir Ciliwung, Aleg PKS Apresiasi Padepokan Ciliwung Condet

by Humas PKS Jakarta

Jakarta – Anggota Legislatif PKS DPRD DKI Jakarta Nasdiyanto memberikan apresiasi kepada Padepokan Ciliwung Condet yang menyelenggarakan festival banjir Ciliwung untuk mendukung program naturalisasi sungai yang digagas Gubernur DKI Anies Baswedan.

“Terima kasih saya sampaikan kepada Padepokan Ciliwung Condet yang sudah peduli dengan banjir Jakarta dengan mengadakan festival banjir. Kepedulian warga Jakarta sangat penting dan dibutuhkan untuk mengatasi banjir yang terjadi setiap tahun,” kata Nasdiyanto di Jakarta, Ahad (14/2/2021).

Politisi PKS dari daerah pemilihan Jakarta Timur ini melanjutkan, masalah banjir di Jakarta memang membutuhkan solusi jangka panjang agar tidak terulang setiap tahun. Program naturalisasi sungai perlu didukung sebagai usaha untuk mencegah dan menanggulangi banjir yang ramah lingkungan.

Nasdiyanto mencontohkan keberhasilan naturalisasi sungai Kallang River di Singapura yang mengakomodir kebutuhan persediaan air dan manajemen banjir serta menciptakan ruang terbuka yang indah bagi masyarakat.

“Selain itu, ada juga Sungai Cheonggyecheon di Korea yang berhasil bertransformasi dari sungai yang kumuh menjadi destinasi wisata kebanggaan Korea karena kecantikan dan kebersihannya,” imbuhnya.

Masih menurut Nasdiyanto, kebijakan Gubernur DKI Anies Baswedan menghapus normalisasi sungai dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) bukanlah masalah besar karena sudah ada program naturalisasi sungai yang kalau dilihat lebih dalam merupakan program normalisasi sungai dengan beberapa penyempurnaan.

“Apapun namanya, yang penting masih ada program pencegahan dan penanggulangan banjir yang konkrit,” oungkas Nasdiyanto.

Related Posts