Sajian “Biji Salak” Di Rapat Persiapan Karnaval Ramadhan

by Humas PKS Jakarta

Bulan suci Ramadhan tinggal menghitung hari, untuk lebih mensyiarkannya tim bidang perempuan DPRa PKS Cikoko Kecamatan Pancoran Jakarta Selatan mengadakan rapat persiapan penyelenggaraan Karnaval Ramadhan 1436 H pada Rabu (10/6) kemarin. Karnaval Ramadhan DPRa PKS Cikoko akan dilakukan pada hari Minggu (14/06) besok serentak dengan DPRa – DPRa PKS yang lain. Acara karnaval Ramadhan tersebut akan membawa banyak poster yang bertemakan ajakan untuk mempersiapkan diri dalam menyambut bulan suci ramadhan 1436 H.  Aksi yang diikuti ratusan peserta ini dilakukan dengan berjalan kaki mengintari wilayah kelurahan Cikoko.

Selain bentuk syiar, tujuan kegiatan karnaval Ramadhan ini juga untuk mengingatkan masyarkarat Jakarta, khususnya kecamatan Pancoran agar melakukan persiapan dalam menyambut bulan suci Ramadhan 1436 H, diantaranya menjaga diri dari maksiat dan lebih meningkatkan amalan-amalan ibadahnya. Dengan karnaval ini, harapannya bisa mengingatkan warga akan kedatangan bulan suci ramadhan sehingga warga bisa mempersiapkan ibadah ramadhan ditahun ini lebih maksimal.

Menurut Ketua DPRa PKS Cikoko, Bang Mukmin yang mengatakan bahwa, “Dengan adanya kegiatan Karnaval Ramadhan ini, dirinya berharap masyarakat Cikoko maupun Pancoran pada umumnya bisa merasakan kegembiraan, dan menyadari bahwa Ramadhan 1436 H sudah semakin dekat, dan ini  bisa mendorong mereka untuk mulai melakukan banyak persiapan. Berharap warga tidak kehilangan gairah dalam menyambut bulan Ramadhan. Meski keadaan sulit akibat naiknya harga – harga, umat tidak boleh kehilangan gairah dalam menyambut Ramadhan. Insya Allah semua penuh berkah.”

Pada rapat persiapan karnaval Ramadhan tersebut, salah satu kader yang rumahnya dijadikan tempat rapat menyajikan makanan “Biji Salak”. Tuan rumah sengaja menyajikan ini, agar suasana menyambut Ramadhan menjadi lebih hidup lagi dengan  mencoba menyajikan salah satu makanan khas bulan Ramadhan.  “Biji Salak” memang bukan beneran “Biji Salak”, melainkan campuran ubi dengan tepung kanji yang kemudian dibentuk sebesar “Biji Salak”, agak mirip dengan  candil.  “Biji Salak” adalah salah satu makanan pembuka khas saat berpuasa, makanan ini  berasal dari Jakarta (Betawi). Makanan ini sangat mudah dijumpai saat bulan Ramadhan, karenanya “Biji Salak” menjadi salah satu makanan favorit saat Ramadhan. “Biji Salak” dapat dinikmati dalam keadaan dingin maupun panas.

Related Posts