Rapat Dengan BNI, DPR Tekankan Budaya Kerja dan Kepuasan Nasabah dalam Transformasi Bisnisnya

by Humas PKS Jakarta

Jakarta – Anggota DPR-RI Komisi XI dari Fraksi PKS Anis Byarwati menekankan budaya kerja dan kepuasan nasabah yang harus mendapatkan perhatian dan terus ditingkatkan oleh Bank Nasional Indonesia (BNI) bersamaan dengan transformasi bisnis digital yang dilakukannya. “Apapun yang dilakukan oleh bisnis perbankan, intinya adalah bagaimana bisa mendapatkan, melibatkan dan mempertahankan nasabah. Termasuk ketika melakukan transformasi bisnis, bank sebagai salah satu perusahaan jasa harus memperhatikan bagaimana mempertahankan nasabah dan memberikan kepuasan layanan kepada mereka,” kata Anis disela-sela rapat bersama BNI, Selasa (10/12/2019), di kawasan parlemen Senayan, Jakarta.

Anis mengutip survei Forbes Insights bertajuk The C-Suite Outlook: How Disruptive Technologies Are Redefining the Role of Project Management, yang menyatakan bahwa 72% perusahaan yang sukses mengadopsi teknologi-teknologi ini adalah mereka yang memiliki budaya kerja yang kental dengan transformasi konstan dan memahami perubahan manajemen sebagai kunci utama untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.

“Bagaimanapun canggihnya teknologi digital yang dilakukan oleh perusahaan tanpa diimbangi dengan budaya kerja yang baik di internal perusahaan dari tingkat pusat sampai daerah, maka perusahaan itu terancam gagal,” terang Anis yang berasal dari daerah pemilihan DKI Jakarta I yang meliputi seluruh wilayah Jakarta Timur.

Dan kedua, lanjut Anis, orientasinya bukan lagi product center tetapi consumer center. Kedua hal ini yang ingin dirinya pastikan, sudah disiapkan BNI seiring dengan strategi BEYOND yang dicanangkan BNI. Keberhasilan transformasi digital BNI akan sangat tergantung dengan transformasi budaya kerja yang dilakukannya. Bagaimana perusahaaan seperti BNI mampu menanamkan budaya kerja transformatif untuk mencapai tujuan kerja yang dilakukannya, The Man behind The Technology.
“Faktor lain yang menurutnya penting, pemahaman SDM didalam perusahaan terhadap perubahan manajemen seiring transformasi bisnis yang dilakukan perusahaan, akan menjadi kunci utama untuk meningkatkan kepuasan nasabah,” sebut Anis.

Disisi lainnya, Anis juga menanyakan keterlibatan anak perusahaan BNI terutama BNI Syariah dalam transformasi digital dengan strategi BEYOND yang dicanangkan BNI. “Apakah transformasi digital ini melibatkan anak-anak perusahaan terutama BNI Syariah dan bagaimana prosesnya?” tanyanya.

Selanjutnya politikus perempuan PKS ini mempertanyakan kasus-kasus fraud yang banyak terjadi di BNI cabang di berbagai daerah. “Sementara di pusat BNI melakukan transformasi bisnis digital yang luar biasa, akan tetapi di daerah-daerah memperlihatkan ketidaksiapan menjalankannya. Data menunjukkan terjadinya fraud yang cukup besar di daerah-daerah. Gap yang cukup mencolok ini menjadi tugas tersendiri bagi jajaran manajemen BNI agar BEYOND yang dicanangkan dapat terlaksana dengan baik,” tandas Anis.

Diketahui dalam rapat tersebut, dalam rangka mencapai visi BNI menjadi Lembaga Keuangan yang Unggul dalam Layanan dan Kinerja, BNI telah menetapkan Corporate Plan 2019-2023 dengan aspirasi BNI pada tahun 2023 yaitu Menjadi Salah Satu Lembaga Keuangan paling Profitable di Indonesia.

Aspirasi tersebut akan dicapai melalui strategi BEYOND Traditional Financial Services, yaitu: Business Community’s Financial Insitution of Choice dengan mengoptimalkan kapabilitas untuk menjadi pilihan komunitas bisnis. Ecosystem Orchestrator dengan mengorkestrakan ekosistem bisnis potensial. Your Preferred Personal Financial Partner dengan mengoptimalkan layanan dan solusi bisnis konsumer agar menjadi bank utama dalam transaksi nasabah. Organizationally Ready for The Future dengan meningkatkan kapabilitas organisasi dan sumber daya manusia dalam menangkap peluang bisnis yang baru. National Agent of Development dengan mengoptimalkan program pemerintah sebagai basis pertumbuhan. Dan Digital and Data Driven Institution dengan mengoptimalkan pengembangan bisnis yang di-drive oleh digital dan data analytics.

Related Posts