Posko Banjir PKS Pengadegan : Dari Bagikan Nasi Bungkus sampai Gerobak Sampah

0
327

PKS JAKARTA – Posko Banjir PKS Pengadegan selalu hadir disaat banjir melanda RW01 Pengadegan. Posko ini letaknya di depan kantor kecamatan Pancoran dan juga dekat dengan lokasi banjir yaitu RW01 Pengadegan , khususnya daerah lobang.

Dari jaman masih PK (Partai Keadilan) sampai PKS (Partai Keadilan Sejahtera)  lokasi posko banjir Pengadegan tidak berubah, ya di situ – situ saja. Posko Banjir Pengadegan adalah rumah salah satu kader PKS Pengadegan, Pak Majid yang disulap jadi posko banjir  sederhana. Di belakang posko ada sebuah sawung yang juga masih miliknya, dijadikan tempat tinggal sepuluh pengungsi lansia yang rumahnya di daerah lobang masih terendam banjir.
Posko Banjir PKS Pengadegan ini, sehari – hari menyediakan makan, minum untuk sebagian pengungsi yang tinggal di kantor  Kecamatan, kampus LIA, GOR, Madrasah, serta SD inpres. Sekali pembagian sarapan, minimal disediakan 150 nasi bungkus. Mereka para pengungsi datang sendiri ke posko, meminta apa yang mereka butuhkan. Nasi yang dibagikan ke para pengungsi kadang hasil masakan posko PKS sendiri, namun ada juga yang berupa kiriman donatur – donatur.
Selain membagikan makanan, posko banjir PKS Pengadegan juga membagikan alat – alat pembersih lumpur, alat – alat mandi, obat – obatan, pembalut, pempers dan yang lainnya. Sekali datang barang dari donatur diusahakan habis dibagikan, agar tidak ada barang yang menumpuk di posko.  Banyak donatur yang membawa sendiri sumbangannya, misalnya Rumah Zakat,  Baitulmal Muamalat, Majelis Taklim Arrifah, dan yang lainnya. Ada juga yang membantu dalam bentuk uang, biasanya lewat transfer bank. Terakhir posko banjir Pengadegan mendapatkan sumbangan gerobak sampah baru untuk warga RW01 dari Pak Hidayat Nur Wahid caleg DPR RI dari PKS.
Siapa petugasnya yang jaga posko? Yang jaga posko, pertama adalah tuan rumah sendiri beserta keluarganya, kemudian ada periode shift dari kader – kader yang membantu menjaga posko juga. Kadang ada juga caleg PKS yang bersedia ikut shift melayani para pengungsi di Posko PKS Pengadegan seharian. Seperti halnya Caleg nomor 5 dari PKS yaitu  Prima Kumara, ia terlihat telaten melayani pengungsi yang meminta sarapan dan teh hangat di pagi hari.
IMG-20140113-WA0038 IMG-20140114-WA0036