PKS Setuju Pinjaman Rp 12,5 T Untuk Pemulihan Ekonomi Dan Pengendalian Banjir

0
34

Jakarta – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mendapat bantuan pinjaman dari pemerintah pusat melalui PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) sebesar Rp12,5 triliun.

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta, Abdurrahman Suhaimi meminta dana tersebut difokuskan untuk pemulihan ekonomi Jakarta

“Pesan saya lebih cenderung kepada membantu rakyat, UMKM, terutama pemulihan ekonomi. Itu dikarenakan kalangan menengah kebawah saat ini paling terdampak (pandemik),” ujar Suhaimi saat dihubungi Kantor Berita Politik RMOLJakarta, Selasa (28/7/2020).

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini mendukung langkah Pemprov DKI Jakarta yang akan memanfaatkan pinjaman tersebut untuk pengendalian banjir.

“Jadi penggunaan itu harus dioptimalkan yang dirasakan masyarakat termasuk pengendalian banjir. Karena dampak dari banjir itu kearah ekonomi nantinya kan,” jelas Suhaimi.

Adapun pinjaman yang diajukan Pemprov DKI Jakarta sebesar Rp 4,5 triliun untuk tahun anggaran 2020 dan Rp 8 triliun untuk tahun anggaran 2021 dengan jangka waktu pengembalian paling lama 10 tahun.

Pendapatan Asli Daerah (PAD) DKI Jakarta sebelumnya dilaporkan turun hingga Rp 31,13 triliun sebagai dampak pandemik Covid-19.

Beberapa sektor perekonomian yang terdampak dengan pertumbuhan negatif antara lain sektor jasa, konstruksi, pengadaan air, perdagangan, pendidikan, energi (listrik dan gas), dan industri pengolahan.

Sumber: rmoljakarta.com