Pesan Sandiaga untuk Pendatang: Bekali Diri dengan Keterampilan Khusus

JAKARTA – Menjelang hari raya Idul Fitri sudah menjadi tradisi warga Jakarta melakukan mudik ke kampung halaman. Namun saat arus balik, banyak warga yang kembali ke Jakarta membawa sanak saudara untuk ikut mengadu nasib di Ibukota.

Berkaitan dengan kemungkinan bertambahnya pendatang ke ibukota pasca lebaran, Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih, Sandiaga Uno mengatakan kehadiran pendatang tidak masalah selama memiliki keterampilan yang cukup untuk bersaing dalam dunia kerja di Jakarta.

“Saya sampaikan, Jakarta itu membangun tapi butuh keterampilan khusus. Jadi para keluarga yang merencanakan mau membawa anggota keluarganya ke sini harus melengkapi dengan keterampilan-keterampilan khusus,” ujar Sandi.

Sandi menambahkan, pendatang yang tidak memiliki keterampilan khusus sulit untuk ditampung di Jakarta. “Sulit untuk bersaing jika tak ada keterampilan,” kata dia.

Sandi kemudian menekankan perlunya sentra-sentra pelatihan keterampilan khusus di daerah yang selama ini mengirimkan calon tenaga kerja ke Jakarta.

“Maka dari itu perlu bekali diri yang dengan keterampilan dan keahlian tertentu, Karena di Jakarta itu ada skill khusus yang diperlukan, tidak semuanya datang bisa ditampung oleh pasar kerja kita,” tuturnya. (*)