Lebaran di Tengah Wabah Korona, Anggota DPRD Fraksi PKS Nasdiyanto Bagikan Tips Mengelola Keuangan

0
1

Jakarta – Lebaran tahun ini akan terasa berbeda dari biasanya karena ada wabah korona yang melanda seluruh dunia. Untuk mencegah penyebaran virus korona, pemerintah Indonesia memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang berdampak kepada perekonomian dan keuangan masyarakat yang cenderung menurun.

 

Melihat fenomena tersebut, Anggota DPRD DKI Komisi Keuangan dari Fraksi PKS Nasdiyanto, membagikan tips mengelola keuangan saat lebaran. Menurutnya, masyarakat harus bisa mengelola uangnya dengan baik saat menghadapi hal tak terduga seperti wabah korona saat ini.

 

“Biasanya menjelang lebaran, pengeluaran masyarakat membengkak. Karena dampak dari wabah korona, harusnya kita bisa lebih berhemat pada lebaran tahun ini. Ada beberapa pos angaran yang bisa dikurangi bahkan tak perlu dikeluarkan karena kebijakan PSSB yang diterapkan pemerintah,” kata Nasdiyanto, Senin (18/5/2020).

 

Politikus PKS Dapil V Jakarta Timur ini mencontohkan pemerintah melarang mudik, jadi tidak perlu membuat anggaran mudik. Halal-bihalal juga lebih baik dilakukan secara virtual, jadi anggaran untuk pakaian baru dan makanan bisa dikurangi karena tamu yang datang pasti jauh lebih sedikit. Lebih baik uang tersebut ditabung untuk dana cadangan, karena kita tidak tahu sampai kapan wabah korona ini akan berakhir.

 

“Atur prioritas pengeluaran kita dengan bijak. Fokus pada apa yang kita butuhkan untuk bertahan hidup di tengah wabah korona, kesampingkan dulu lifestyle. Jangan lupa berbagi dengan sesame,” pungkas Nasdiyanto.