Kunjungi Sumatera Barat, Fraksi PKS Jakarta Ingin Arsitektur Betawi Lestari

Kunjungi Sumatera Barat, Fraksi PKS Jakarta Ingin Arsitektur Betawi Lestari

Padang (20/5) – Lawatan Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD DKI Jakarta ke Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, dalam rangka kunjungan ke...

FOTO – Gelar “Open House”, Hidayat Nur Wahid Ramai Dikunjungi Kader PKS
Kontribusi Kader di Media Sosial Sangat Berpengaruh di Pilkada, Pileg, dan Pilpres
FOTO – Anies dan Ribuan Warga Jakarta Sholat Zuhur di Masjid Istiqlal Jelang Kampanye Akbar

Padang (20/5) – Lawatan Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD DKI Jakarta ke Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, dalam rangka kunjungan kerja untuk pembahasan beberapa hal terkait kebijakan infrastruktur, aparatur dan kebijakan sosial dan pariwisata. Hal yang sangat menarik adalah adanya kebijakan yang mengharuskan setiap bangunan pemerintahan menggunakan arsitektur khas daerah Minang yang terkenal yaitu Gonjong, yang membuat budaya asli menjadi lestari.

Selain sebagai upaya melestarikan nilai-nilai budaya, hal ini juga bagus untuk meningkatkan pariwisata yang mampu meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD). Modernisasi Jakarta jangan sampai menghilangkan budaya betawi sebagai budaya asli Jakarta. Oleh karena itu kebijakan serupa seharusnya bisa diterapkan di Jakarta.

“Ini bagus sekali, patut untuk dicontoh oleh provinsi-provinsi lain di Indonesia khususnya di Jakarta, apalagi dengan pemimpin yang baru, Anies-Sandi,” kata Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta Abdurrahman Suhaimi, di Kantor Gubernur Sumatera Barat, Jum’at (19/5/2017).

Menurut pria yang juga Wakil Ketua Komisi bidang Pembangunan DPRD DKI Jakarta ini melanjutkan, saat ini kebudayaan Betawi sebagai budaya asli Jakarta mulai tergerus oleh modernisasi sehingga terancam kelestariannya oleh serangan budaya asing yang masuk ke Jakarta. “Oleh karena itu, harus ada kebijakan pemerintah provinsi yang bukan hanya melestarikan, tapi juga mendekatkan budaya Betawi dengan masyarakat Jakarta,” tandas Suhaimi mengakhiri.

COMMENTS