Ismail Mendorong Warga Kramat Senen Tekuni Pembuatan Ondel-ondel

0
25

Jakarta – Anggota DPRD DKI Jakarta dari daerah pemilihan Jakarta Pusat Ismail, mendorong warga Kramat, Senen, untuk menekuni pembuatan Ondel-ondel. Demikian disampaikan Ismail saat melakukan Sosialisasi Peraturan Daerah (Sosperda) nomor 6 tahun 2015 tentang Pariwisata, sesuai dengan komisi yang diamanahkan partai kepada dirinya.

 

Pada sesi tanya jawab, salah satu rekan milienial, Axel yang juga warga Kramat menyampaikan keresahannya. “Pak, para pengrajin ondel-ondel sekarang beralih menjadi pengamen, karena sulitnya modal dan juga harga pasar yang tidak sebanding,” tutur Axel kepada Ismail, Senin (27/1/2020).

 

Menanggapi keresahan warga tersebut, Ismail mengatakan, para pengrajin ondel-ondel bisa menjadi warga binaan dengan mengikuti Program Kewirausahaan Terpadu (PKT). Setelahnya juga akan dibantu akses permodalan.

 

“Ikuti PKT, karena program tersebut dibuat untuk mengurangi jumlah pengangguran serta meningkatkan ekonomi warga Jakarta naik kelas,” kata pria yang juga Ketua DPD PKS Jakarta Pusat.

 

 

Ismail menjelaskan, PKT merupakan salah satu program Gubernur DKI Jakarta yang dikelola oleh Dinas Koperasi, UKM serta Perdagangan Provinsi DKI Jakarta. Dirinya menghimbau masyarakat pengrajin ondel-ondel agar tetap semangat dan tekun. Karena saat ini DKI Jakarta minim souvenir khas untuk para wisatawan. Ismail juga berharap agar kreatifitas para pengrajin bisa terus diasah.

 

“Tidak hanya membuat patung ondel-ondel besar, tapi buat juga magnet hiasan kulkas berbentuk ondel-ondel, seperti oleh-oleh khas kota-kota besar di dunia,” ujarnya.

 

Selain itu Ismail juga turut menginformasikan kepada warga mengenai program E-Purchasing dari Badan Pelayanan Pengadaan Barang dan Jasa (BPPBJ). Dirinya juga menjelaskan, warga yang tergabung di PKT kini bisa memasarkan produknya secara online lewat BPPBJ DKI.

 

“Jadi barang dan jasa yang dipasarkan oleh masyarakat bisa diakses oleh seluruh aparatur sipil negera di lingkungan Pemprov DKI, dan diharapkan dapat mendorong roda perekonomian serta membuka lapangan pekerjaan baru,” tandas Ismail mengakhiri.