Fraksi PKS Perjuangkan Nasib Balakar DKI Jakarta Menjadi PHL

IMG-20161213-WA0134

Jakarta – Kejelasan nasib Barisan Relawan Pemadam Kebakaran (Balakar) DKI Jakarta tuntas sudah, Fraksi PKS melalui anggotanya memperjuangkan nasib Balakar yang sebelumnya tidak jelas, untuk diangkat menjadi Pekerja Harian Lepas (PHL) di lingkungan Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta. Hal ini disampaikan Anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta bidang Pemerintahan, Yusriah Dzinnun, di Gedung DPRD DKI Jakarta, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (13/12/2016).

Lebih lanjut politikus perempuan PKS ini mengatakan, pekan lalu  di Hari Aspirasi, sejumlah anggota Balakar mendatangi Fraksi PKS, menyampaikan aspirasi terkait kejelasan nasib mereka. Pasalnya walaupun sudah bekerja membantu dinas pemadam kebakaran DKI Jakarta selama dua tahun, status para Balakar ini belum kunjung mendapatkan kepastian.

“Insya Allah, semua sudah jelas, Balakar akan menjadi PHL, dan anggaran sudah disiapkan sebesar Rp 31 Miliar selama setahun kedepan,” terang Yusriah.

Yuriah menambahkan, dari 1541 orang Balakar yang diajukan, secara bertahap, baru 603 orang yang akan diangkat menjadi PHL di tahun 2017 nanti. Dirinya berharap ditahun yang akan datang, sisanya juga akan diangkat menjadi PHL. “Kami lakukan bertahap, karena bukan hanya honor saja, mereka juga akan mendapatkan perlengkapan dan pelatihan-pelatihan lainnya untuk meningkatkan keterampilan,” jelas politikus PKS dari daerah pemilihan Jakarta Utara ini.

Yusriah menyadari pentingnya peran pemadam kebakaran di Jakarta, karena tidak mungkin satu regu hanya berjumlah 2 sampai 3 orang yang bertugas bila terjadi kebakaran. Kehadiran Balakar ini dapat membantu pasukan reguler, karena resiko yang dihadapi juga luar biasa jika dilakukan dengan pasukan yang terbatas, “Sehingga satu regu terdapat 6 sampai 7 orang yang bertugas,” tandasnya.

Yusriah juga menyampaikan kepada rekan-rekan Balakar saat pertemuan pekan lalu agar tetap bersemangat dan terus melayani warga Jakarta dengan baik, terlebih saat ini akan diangkat menjadi PHL, “Semoga rekan-rekan Balakar selalu bersemangat dalam menjalankan tugas-tugas penanggulangan kebakaran dan penyelamatan,” pungkasnya.