Fraksi PKS DKI Minta Anies Perjelas Status Kepegawaian Pasukan Oranye

Jakarta – Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PKS, Abdurrahman Suhaimi, meminta Gubernur DKI Anies Baswedan memperhatikan kesejahteraan Pasukan Oranye, khususnya soal status kepegawaian mereka. Pendapat itu disampaikan Suhaimi saat Rapat Paripurna Penyampaian Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi terhadap Raperda tentang RAPBD Provinsi DKI Jakarta Tahun Anggaran 2018 hari ini.
Dia mengatakan, Pasukan Oranye yang rata-rata sudah dipekerjakan selama 2 tahun hingga kini masih belum mendapatkan kejelasan status kepegawaian. Suhaimi meminta agar Anies memperjelas status kepegawaian mereka sesuai dengan UU Ketenagakerjaan.
“Para petugas PPSU yang sudah dipekerjakan selama sekitar 2 tahun memerlukan kejelasan status kepegawaiannya sesuai dengan peraturan perundang-undangan di bidang ketenagakerjaan,” kata Suhaimi di Gedung DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (16/11).
Suhaimi berpendapat Pasukan Oranye selama ini sangat membantu masyarakat. Sehingga, kata dia, perlu ada kebijakan dari Anies selaku gubernur untuk menaikkan status kepegawaian mereka.
“Sejauh ini PPSU sangat membantu masyarakat dalam menjaga kebersihan dan mengatasi permasalahan yang terkait dengan prasarana umum. Bagaimana kebijakan gubernur terhadap petugas PPSU ini ke depannya terutama terkait status kepegawaiannya? Mohon tanggapan,” tegasnya.
Sebelumnya, Anies mengatakan Pemprov DKI akan menaikkan upah Pasukan Oranye. Pada 2018, upah Pasukan Oranye akan naik dari Rp 3,3 juta menjadi Rp 3,87 juta per bulannya.
Tidak hanya itu, Anies juga berjanji jumlah petugas PPSU tidak akan dikurangi, melainkan kontraknya akan terus diperpanjang.
“Tapi sebagai catatan di sini terutama yang terkait dengan situasi hari ini, alhamdulilah kita memastikan bahwa petugas PPSU aman, mereka tidak akan berkurang di 2018. Jumlahnya tetap, kontraknya akan kita teruskan bahkan dari sisi pengupahan akan mengalami peningkatan,” kata Anies di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (15/11).
Sumber : www.kumparan.com