Cegah Tindak Pidana, Segera Bentuk Pengurus RT/RW Apartemen Green Pramuka City

Jakarta – Terbentuknya susunan kepengurusan Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) sebagai lembaga kemasyarakatan di suatu wilayah dapat meminimalisir tindak pidana, hal ini merujuk pada Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta No. 171 tahun 2016 tentang Pedoman Rukun Tetangga dan Rukun Warga. Demikian disampaikan Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD DKI Jakarta Abdurrahman Suhaimi, saat menerima perwakilan penghuni Apartemen Green Pramuka City di Hari Aspirasi, di Ruang Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta, Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (8/8/2017).

Suhaimi melanjutkan, dirinya menanggapi pengaduan penghuni Apartemen Green Pramuka City yang diwakili Arsi Aryanto dan Asta Ariyadi, yang mengadukan pengembang Apartemen Green Pramuka City yang tak kunjung membentuk Pengurus RT/RW, meski berbagai upaya telah penghuni lakukan, “Pembentukan RT/RW ini harus segera dilakukan, karena ini untuk kepentingan bersama, terutama untuk melindungi kepentingan-kepentingan penghuni,” kata Suhaimi yang sebagian menirukan perwakilan penghuni.

Sementara itu, Arsi sebagai perwakilan penghuni, menunjukkan notulensi rapat dengan Biro Tata Pemerintahan (Biro Tapem) Sekretaris Daerah (Setda) Provinsi DKI Jakarta yang isinya merekomendasikan Lurah Rawa Sari untuk menindaklanjuti pembentukan pengurus Rt/Rw di Apartemen Green Pramuka City. Rapatnya sendiri berlangsung pada 31 Mei 2017 di Biro Tata Pemerintahan Setda Provinsi DKI Jakarta, di pimpin Kepala Sub Bagian Lembaga Kemasyarakatan, “Namun hingga saat ini Lurah Rawa Sari belum memfollow-up hasil rapat tersebut,” sesal Arsi.

Lurah sangat berwenang dan harus berperan aktif dalam pembentukan kelembagaan RT/RW ini sebagaimana tertuang dalam ketentuan pasal 26, 27, 28 dan 30 Pergub Nomor 171 Tahun 2016 tentang Pedoman Rukun Tetangga dan Rukun Warga. “Apalagi yang ditunggu Lurah, sedapat mungkin segera dibentuk struktur RT/RW di Apartemen Green Pramuka City, semua sudah ada dasar hukumnya, dan ini untuk kebaikan semua,” tutup Suhaimi.