Bina Komunitas Petani Kota, MTZ Inisiasi Ketahanan Pangan Jakarta

0
23

Jakarta – Ketahanan pangan dan ketahanan kesehatan di Provinsi DKI Jakarta tidak hanya didapat melalui pasokan pangan dari daerah lain, tetapi juga produksi sendiri. Salah satunya melalui kegiatan komunitas-komunitas tani dan urban farming, demikian disampaikan Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta Fraksi PKS, M. Taufik Zoelkifli atau akrab dipanggil MTZ pada pelatihan Hidroponik dan Microgreen secara daring.

Menurut MTZ yang membina beberapa komunitas tersebut melanjutkan, komunitas-komunitas ini harus terus dikuatkan dan didampingi.

“Ketahanan pangan harus terus dijaga di Jakarta ini. Hidroponik dan microgreen adalah salah satu pilihan efektif bagi masyarakat perkotaan, terutama di masa pandemi seperti ini, tentu urban farming sangat membantu ketahanan pangan,” jelas MTZ, Sabtu (24/10/2020).

Masih menurut MTZ, selain Komunitas Tani Kota, dirinya juga membina Komunitas Budidaya Lele dalam Ember (Diklamber).

“Warga Jakarta Timur sangat antusias mengikuti pembinaan yang dilakukan secara daring melalui zoom ini. Hadir kurang lebih 300 orang warga yang ingin lebih jauh mengenal hidroponik,” tandasnya.

Dalam acara yang diadakan Komunitas Petani Kota Jakarta Timur ini, hadir Pengusaha Hidroponik Zulhaq Ramadhan, Praktisi Hidroponik dan Microgreen M. Yusuf, serta Praktisi Hidroponik lainnya Kartika KS Mara dengan mengambil tema, Membangun Ketahanan Pangan dan Ketahanan Kesehatan.

Hadir juga Kasudin KPKP Jakarta Timur Yuli Absari, memberi sambutan. Pihaknya sangat mengapresiasi komunitas-komunitas yang turut menyokong ketahanan pangan di DKI Jakarta.