Atasi Polusi Udara, Komisi B Minta Infrastruktur Operasinal Bus Listrik Dimatangkan

Jakarta – Komisi B DPRD Provinsi DKI Jakarta mendorong Dinas Perhubungan segera mematangkan kesiapan infrastruktur pengoperasian bus listrik sebagai upaya mengatasi polusi udara yang terjadi di Ibukota.

“Saya mendorong untuk pengoperasiannya dikaji dulu. Dari proyeksi saya melihat manfaatnya sangat bagus sebagai solusi menangani polusi,” ujar Abdurrahman Suhaimi, ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PKS, Kamis (1/8).

Kajian yang dimaksud Suhaimi tak lain adalah kelayakan pengoperasian bus listrik. Dimana bus-bus tersebut harus sesuai dengan asas manfaat, layak digunakan, hingga dapat menutaskan berbagai persoalan yang ada.

“Dengan begitu upaya Pak Gubernur dapat kita acungi jempol,” ungkapnya.

“Sementara itu, Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta Achmad Zairofi lebih mendorong Dishub agar lebih masif lagi mengkampanyekan penggunaan kendaraan umum dengan berbagai cara.

Sebab menurutnya, program apapun mengenai transportasi massal mustahil efektif bila warga kebanyakan masih sulit meninggalkan kendaraan pribadinya.

“Jadi seharusnya diubah dulu budaya penggunaan moda pribadinya ke transportasi massal. Setelah itu baru kita bisa ukur secara signifikan penambahan bus dan pengurangan kendaraan untuk mengatasi polusi,” tandasnya.

 

Sumber : http://dprd-dkijakartaprov.go.id