Aparat Diminta Lebih Persuasif dan Mengayomi, Jangan Bertindak Represif Menghadapi Demonstran

Jakarta – Aksi demonstrasi massa yang direspon represif aparat penegak hukum pada Senin (30/9/2019) dan beberapa waktu lalu, mendapat sorotan dari Sekretaris Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta Achmad Yani. Terlebih lagi juga dilakukan kepada tenaga medis dan ambulan.

Bang Yani, karib disapa mengatakan, dirinya sangat menyayangkan sikap aparat yang berlebihan dan kurang persuasif, seperti keluar dari slogan aslinya, melayani dan mengayomi.

“Saya mendapatkan informasi dari teman-teman yang ada sekitaran Jalan Pejompongan dan Jalan KH. Mas Mansyur Tanah Abang tengah malam kemarin saat menghalau massa demonstran, gas air matanya sangat mengganggu warga, apalagi yang memiliki bayi dan lansia,” kata Yani di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (1/10/2019).

Masih menurut Yani, semoga hal ini dapat dievaluasi oleh aparat keamanan untuk dapat menahan diri, agar demokrasi kita lebih dewasa dan tanpa kekerasan baik dari pihak aparat dan juga massa peserta aksi.

“Indonesia, khususnya Jakarta harus menjadi contoh penerapan demokrasi yang tanpa kekerasan, saya rasa kita semua sepakat dengan hal itu,” pungkas Yani.