Anies: Kami akan Sinergikan antara Pemerintah Pusat dan Daerah

Anies: Kami akan Sinergikan antara Pemerintah Pusat dan Daerah

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan mengaku siap membangun sinergi dengan pemerintah pusat apabila nanti dirinya bersama waki...

Mardani dan Sandiaga Intens Komunikasi
FOTO – Launching Posko Relawan Jakpus untuk Anies-Sandi
Ini Isi Surat dari Imam Besar Masjidil Haram untuk Anies

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan mengaku siap membangun sinergi dengan pemerintah pusat apabila nanti dirinya bersama wakilnya Sandiaga Uno menjabat. Pernyataan Anies itu juga sekaligus menjawab isu terkait pemanggilan dirinya oleh Presiden RI Joko Widodo pasca pelantikan.

“Saya enggak tahu tapi kalau ada panggilan(dari presiden), tentu datang. Kami melihat bahwa pemerintah daerah jakarta dengan pemerintah pusat itu harus kerja sama, dan kami akan kerja sama,” ujar Anies usai menunaikan salat Jumat di Masjid Cut Mutia, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat siang (5/5).

Menurut Mantan Ketua Komite Etik KPK itu bukan barang baru jika pemda harus membangun sinergi dengan pemerintah pusat. Bahkan hal itu sudah digarisbawahi Anies Sandi sejak delapan bulan masa kampanye.

“Kami selalu menggaris bawahi bahwa Pemprov DKI di bawah kepemimpinan Anies-Sandi akan bekerja sama dengan pemerintah pusat dan ikut garis besar RPJMN yang sudah ditetapkan pemerintah pusat,” terang Anies.

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) sebenarnya merupakan kesatuan namun hanya berbeda tanggung jawabnya saja.

“Baik RPJMN dan RPJMD kami akan ikut, Karena pemerintahan satu sebenarnya, scope atau tanggung jawabnya saja yang beda-beda. Tentu begitu nanti ada kabar akan langsung kami kerjakan,” ucapnya. (*)

COMMENTS