Anggota Komisi A Sebut Pantai Maju, Layak Dijadikan Lokasi Peringatan HUT RI

Jakarta – Anggota Komisi A DPRD Provinsi DKI Jakarta dari Fraksi PKS, Achmad Yani menilai, langkah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menunjuk Pantai Maju sebagai lokasi upacara peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 bersama Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemprov DKI sudah tepat.

“Jadi kalau Gubernur menentukan satu tempat pasti ada maksud dan tujuan, yang penting dan utama bagaimana bisa memperingati hari kemerdekaan, itu yang paling utama,” ujarnya, Kamis (25/7).

Yani juga menilai penunjukkan Pulau Reklamasi Teluk Jakarta Utara sebagai lokasi Upacara Kemerdekaan RI ke-74 setidaknya menjadi alasan tersendiri sebagai bukti bahwa pulau hasil reklamasi terbuka untuk semua lapisan masyarakat.

“Memang rencananya kemarin beberapa pulau itu termasuk Pulau Maju ini sudah menjadi daratan dan tidak dianggap sebagai Reklamasi. Tinggal dari Pemprov DKI menempatkan tempat itu untuk masyarakat. Setidaknya masyarakat bisa diperhatikan, dan tidak boleh diabaikan,” terangnya.

Yani berharap kehadiran ASN Pemprov DKI dalam gelaran upacara HUT DKI ke-74 dapat menjadi pilot project yang baik terhadap keberlangsungan program yang sedang berjalan di Pemprov DKI. Salah satunya, melalui pemanfaatan pantai untuk kegiatan yang positif.

“Saya kira ini malah ditunjukkan kalau pantai bisa dimanfaatkan oleh warga masyarakat, kemudian ASN bisa tahu Pantai ini memang sudah siap. Sehingga kedepannya kalau Gubernur inginkan pantai itu terbuka buat masyarakat, jadi sudah siap untuk dimanfaatkan,” ungkap Yani.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menggelar upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 RI di Pulau D hasil reklamasi atau Pantai Maju pada Sabtu (17/8) Pukul 07.30 WIB. Acara ini akan diselenggarakan oleh PT Jakarta Propertindo (Jakpro).

Ide tersebut sudah lama dilontarkan oleh Gubernur DKI Anies Baswedan sebelum peresmian pembangunan jalan sehat dan jalur sepeda santai (jalasena) di Pantai Maju yang dibangun oleh PT. Jakpro pada 23 Desember 2018. Kawasan Pantai Maju dipilih sebagai lokasi upacara HUT ke-74 RI untuk merepresentasikan bahwa Jakarta memiliki pantai yang bisa diakses secara gratis.

Rencananya, momen peringatan Kemerdekaan RI ke-74 di lokasi tersebut jadi peresmian dibukanya ketiga pulau reklamasi untuk umum, yakni Pulau C atau Pantai Kita, Pulau D atau Pantai Maju, dan Pulau G atau Pantai Bersama.

 

Sumber : http://dprd-dkijakartaprov.go.id